Fitur Tersembunyi Pada Google Maps yang Bermanfaat

Google maps merupakan salah satu fitur dari google yang tentu sudah tidak asing lagi bagi pengguna gadget. Fitur ini bisa mempermudah kita dalam mencari lokasi dan menentukan rute perjalanan. Namun, tahukah sobat, sebenarnya terdapat fitur tersembunyi google maps di android yang berguna dalam beraktivitas sehari-hari.


fitur-google-maps


Mengetahui fitur tersembunyi tersebut tentu akan semakin mempermudah kegiatan kita terkait dengan navigasi. Well, tidak usah berlama-lama lagi, langsung simak informasinya di bawah ini.


Baca juga: 10 Fakta Menarik Instagram yang Wajib Kamu Ketahui



Fitur Tersembunyi Google Maps  Pada Android


1. Menambahkan Tempat Pemberhentian 



Bagi kalian yang seka sekali melalukan trip perjalanan jauh, pasti sering kali merasa kesusahan ketika hendak mencari tempat untuk melepas lelah atau pemberhentian, kan?

Jika benar begitu, kita bisa mengatasinya dengan salah satu fitur tersembunyi google maps. Dengan fitur tersebut kita memiliki akses untuk mengecek informasi tentang berbagai lokasi seperti resto, POM SPBU, ataupun warung di jalan yang akan dilewati nanti. 

Untuk melakukan hal tersebut, kita cukup masuk ke dalam navigasi mode. Kemudian klik saja ikon pencarian untuk memberikan pilihan lokasi. Pada hasil tersebut akan muncul berbagai pilihan seperti warung ataupun POM SPBU. 

Selain itu, kita juga bisa mencari tempat ibadah seperti masjid dan sebagainya dengan menggunakan bar pencarian.

2. Menambahkan Lokasi Favorit



Fitur tersembunyi google maps selanjutnya adalah dapat menyimpan tempat favorit kita. Mungkin dari kalian sudah banyak yang tahu bahwa ada fitur untuk menyimpan lokasi rumah ataupun kantor. Namun, ternyata hal tersebut juga dapat dilakukan untuk tempat-tempat lain yang menjadi favorit.

Untuk melakukannya kita bisa menyimpan lokasi favorit menggunakan fitur "your places". Selanjutnya, langsung tap pada icon hamburger di menu utama. Setelah itu, pilih "your places" dan buat daftar beberapa lokasi favorit untuk dikunjungi pada saat liburan.

Lokasi-lokasi favorit tersebut juga bisa kita bagikan ke banyak orang untuk memberikan rekomendasi. Selain itu, terdapat fitur untuk membuat grup list guna memudahkan kita dalam merancang liburan dengan keluarga atau teman.
Baca juga: Artificial Intelligence Lebih Pintar Dari Pada Manusia

3. Mengetahui Perkiraan Waktu Tempuh


Fitur tersembunyi Google Maps juga memungkinkan sobat untuk mengetahui lama durasi perjalanan yang sobat akan tempuh. Tidak hanya itu saja, kita juga dapat memilih kendaraan yang digunakan sehingga kita dapat melakukan perencanaan perjalanan dengan lebih matang lagi.


Untuk menggunakan fitur ini, kita hanya perlu melakukan pengaturan pada bagian lokasi awal dan tujuan. Setelah itu, klik icon direction untuk mendapatkan rute jalan. Nah, pada bagian ini kita dapat memilih jenis kendaraan seperti motor, mobil, bus, dan lain sebagainya.


Selain itu, fitur ini juga memungkinkan untuk membuat waktu perencanaan tiba di lokasi tujuan. Cukup dengan tap "depart at", kita bisa menentukan jam berapa ingin tiba di lokasi tujuan. Dengan begitu, fitur ini secara otomatis akan menunjukkan kapan waktu untuk memulai perjalanan agar tiba di tempat tujuan sesuai dengan rencana.

4. Mengirimkan Rute Perjalanan 


Fitur tersembunyi google maps berikutnya adalah dapat melakukan share rute perjalanan. Hal ini dapat dilakukan hanya bila akun google pada komputer dan perangkat smartphone adalah akun yang sama. 

Selanjutnya, langsung saja kirimkan lokasi dan rute perjalanan menggunakan maps dari PC ke perangkat smartphone. Bagiamana caranya? Gampang kok, cukup pilih "send directions to your phone" dan google akan mengirim rute tersebut langsung ke perangkat smartphone.

Fitur tersembunyi berikutnya adalah fitur indoor maps. Mungkin bagi kalian yang baru pertama mengunjungi mall akan sedikit kesulitan ketika jalan-jalan di sana. Nah, untuk mengatasi kebingungan tersebut rupanya google maps memiliki fitur indoor maps.



Dengan fitur ini sobat dapat mengetahui atau melihat layout mall tersebut. Namun, fitur ini belum dapat digunakan di semua mall. Hanya beberapa mall saja yang telah menyediakan fitur indoor maps.


6. Mengkalibrasi Kompas


Fitur Google Maps diciptakan untuk mempermudah kita untuk mencari lokasi. Namun, tidak jarang kita malah dibuat tersesat pada saat menggunakannya. Tapi jangan buru-buru nyalahin Google sob. Hal tersebut terjadi bukan murni kesalahan dari pihak mereka.

Salah satu hal lain penyebab kita dibuat tersesat adalah karena kompas di smartphone kita mengalami masalah. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kita dapat mengkalibrasi ulang kompas. Untuk melakukannya kita cukup menggerakkan smartphone membentuk angka 8 yang ada di Maps selama berulang kali.

Caranya Kalibrasi Kompas



  • Pertama, sobat buka saja google maps
  • Kemudian tap pada bola biru yang memperlihatkan posisi saat ini.
  • Setelah itu, pilih "Kalibrasi Kompas" yang ada di bagian bawah kiri.
  • Jika sudah, gerakkan smartphone menggunakan angka 8.
  • Selesai. Dengan begitu, kompas pada smartphone menjadi lebih akurat.


7. Melakukan "Time Travel"


Fitur tersembunyi google maps berikutnya adalah fitur "Time Travel".  Tentu time travel di sini bukan time travel sungguhan ya sob. Maksud dari itu semua adalah kita dapat melihat masa lampau menggunakan fitur google street view di maps.


Fitur tersebut bernama "Doc Brown". Dengan menggunakannya, seseorang bisa melihat perubahan suatu lokasi dari waktu lampau hingga sekarang. Cara untuk melakukannya adalah dengan menempatkan Pegman atau ikon berbentuk manusia berwarna kuning di tempat yang diinginkan. Kemudian, masuk pada street view.


Di street view, akan diperlihatkan foto perubahan suatu lokasi dari masa ke masa dengan menggeser slider.  Keren sekali bukan sob!


Itulah fitur tersembunyi google maps yang mungkin sobat belum terlalu mengetahui. Semoga setelah membaca informasi tersebut sobat dapat menggunakan maps dengan lebih cerdas dan efisien lagi ya.