10 Penyebab HP Xiaomi Cepat Panas yang Harus Kamu Tahu

Halo sobat info. Jumpa lagi di Blog Mister Songga. Pada kesempatan kali ini, mimin akan sedikit membagikan info tentang penyebab HP cepat panas khususnya untuk merk Xiaomi. Mungkin hal ini juga sering sobat rasakan sebagai pengguna smartphone asal China tersebut.

penyebab-hp-xiaomi-cepat-panas



Pertanyaannya, apakah hal tersebut berbahaya untuk smartphone kita? Jawabannya tidak dengan catatan panasnya masih wajar. Hal seperti itu banyak dialami oleh berbagai merek smartphone. Jadi kita tidak perlu khawatir. Nah, jika sobat ingin mengetahui penyebab HP cepat panas, langsung saja simak info berikut ini.

Baca juga:10 Rekomendasi Game Anak Terbaik di Android


10 Penyebab HP Cepat Panas


1. Sinyal Lemah



Penyebab HP cepat panas yang pertama biasanya karena sinyal yang lemah. Pada saat kondisi sinyal lemah atau tidak stabil, smartphone akan bekerja lebih keras untuk mendapatkan sinyal yang baik. 

Apabila sobat mendapati Xiaomi seperti itu ada baiknya untuk mencari provider lain yang memiliki jaringan yang lebih baik. Sobat juga dapat mengecek kartu ke ponsel yang lain. Jika pada pengecekkan tersebut ternyata sinyal muncul dengan bagus berarti dapat disimpulkan terdapat masalah pada ponsel milik sobat.


2. Widget Berlebihan


Menggunakan banyak widget nyatanya dapat membuat kinerja smartphone kita menjadi lebih berat. Terlebih lagi bagi smartphone yang memiliki RAM pas-pasan. Hal itu membuat HP Xiaomi menjadi lebih cepat panas dan boros baterai.

Untuk itu, sebaiknya sobat menggunakan widget sewajarnya saja. Lebih baik lagi jika tampilan home screen menjadi sederhana. Meski terlihat membosankan, tetapi cara ini cukup ampuh untuk menjaga kinerja ponsel agar dapat bertahan lama.


3. Penggunaan Berlebihan


Bagi sobat pengguna Xiaomi tentu sering dimanjakan dengan spesifikasi yang gahar tetapi memiliki harga terjangkau. Berdasarkan hal tersebut tidak jarang kita memanfaatkannya untuk bermain game dengan grafis yang terlalu berat dalam waktu yang lama.

Padahal, penggunaan seperti itu menjadi salah satu penyebab HP cepat panas. Untuk itu, sobat gunakan saja HP Xiaomi dengan wajar dan secukupnya. Jangan sampai karena asyik bermain membuat sobat lupa waktu dan membuat kinerja HP menjadi menurun.

Untuk mengimbangi aktivitas HP yang over, sobat dapat melakukan pengistirahatan dengan cara mematikan HP pada waktu-waktu tertentu. Dengan begitu, kinerja mesin masih dapat dapat terjaga.


Baca juga: Kumpulan Kode Rahasia Xiaomi Terbaru Tahun 2020




4. Banyak Background Aplikasi yang Masih Berjalan


Penyebab HP cepat panas lainnya adalah karena banyak aplikasi yang masih berjalan di background. Jika program atau aplikasi yang berjalan di background hanya satu dua rasanya tidak masalah. Tetapi jika program yang berjalan banyak sekali tentu akan membebani kinerja mesin.

Pada akhirnya, berbagai program yang masih berjalan tersebut akan memakan ruang RAM yang ada pada smartphone. Hal ini membuat kinerja mesin menjadi berat sehingga menyebabkan kenaikan suhu pada Xiaomi kita.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut sobat dapat mengurangi aplikasi yang memakan RAM dalam jumlah yang terlalu besar. Caranya cukup mudah. Sobat masuk saja ke pengaturan dan menutup aplikasi yang sedang berjalan. 

5. Tidak Mengaktifkan Power Saving 


Pada sebagian besar smartphone keluaran terbaru, biasanya telah memiliki fitur atau mode power saving. Mode ini dapat membuat smartphone melakukan penghematan dengan cara mematikan Wi-Fi, menurunkan brightness, mematikan Bluetooth, dan lain sebagainya.

Nah, penyebab HP Xiaomi cepat panas mungkin dapat disebabkan karena mode power saving ini belum sobat aktifkan. Untuk mengaktifkannya, sobat cukup pasuk pada menu pengaturan baterai dan performance kemudian pilih “Power”. Lalu sobat tap saja battery saver.

6. Memakai dalam Keadaan di Charge


Hal ini mungkin paling sering dilakukan oleh sebagian besar pengguna smartphone. Padahal, hal tersebut jika dilakukan secara terus menerus dapat memberikan dampak buruk pada kinerja mesin smartphone kita salah satunya membuat ponsel Xiaomi menjadi cepat panas. 

Bahkan, kejadian HP Xiaomi meledak cukup sering terjadi. Salah satu penyebab hal tersebut bisa terjadi adalah menggunakan HP pada saat pengisian daya. Pada umumnya, baterai HP menggunakan Lithium ion dan polymer di mana kedua bahan baterai tersebut tidak memiliki ketahanan terhadap panas.

Untuk proses pengisian daya biasa saja suhu HP dapat meningkat apalagi ditambah dengan menggunakannya. Tentu hal tersebut akan membuat suhu HP menjadi lebih panas lagi dan dapat meledak. Ngeri kan sob? Sebaiknya mulai stop lah kebiasaan seperti itu.


Baca juga: Artificial Intelligence Lebih Pintar Dari Pada Manusia


7. Brightness Terlalu Tinggi


Kecerahan layar rupanya dapat menjadi salah satu faktor penyebab HP cepat panas. Pada saat tingkat kecerahan layar terlalu tinggi maka akan membuat daya yang dikeluarkan akan semakin banyak. Hal ini tentu akan membuat kinerja HP menjadi lebih berat.

Untuk mengatasi hal tersebut, sobat dapat mengatur kecerahan layar sesuai kebutuhan saja. Jika tidak ingin ribet, sobat dapat mengaktifkan auto brightness. Dengan begitu, kecerahan layar akan secara otomatis mengikuti keadaan lingkungan kita.

8. Fitur Penting Masih Menyala


Penyebab HP cepat panas adalah banyaknya fitur pada toggle bar yang masih menyala. Fitur tersebut antara lain GPS, Hotspot, Bluetooth, dan juga Wi-Fi. Biasanya, orang sering membiarkan fitur-fitur tersebut menyala.

Padahal, hal tersebut dapat membebani kinerja HP yang dapat membuat suhu menjadi meningkat. Jika terus berlanjut, bukan tidak mungkin akan membuat baterai menjadi cepat habis. Untuk itu, sebaiknya jika sudah selesai menggunakan fitur tersebut, sebaiknya sobat matikan terlebih dahulu.

9. HP Xiaomi Sudah di Overlock


Seperti yang kita tahu, melakukan overlock dapat memberikan beberapa keuntungan seperti meningkatkan kinerja HP kita. Namun, terdapat juga sisi negatif atau dampak dilakukan overlock pada HP kita.

Salah satu dampak negatif dari melakukan overlock HP adalah membuat HP kita menjadi cepat panas. Oleh karena itu, apabila HP Xiaomi sobat telah di overlock, tidak usah mengeluh jika menjadi cepat panas ya.

10. MIUI Belum di Update


Hal lain yang dapat menjadi penyebab HP cepat panas adalah MIUI yang digunakan belum di update. Padahal, tujuan dari adanya pembaharuan sistem tersebut tidak lain untuk meningkatkan performa Xiaomi agar lebih maksimal.

Belum melakukan update MIUI terkadang juga membuat suhu HP menjadi lebih cepat naik karena terdapat bug pada sistem MIUI lama yang belum diperbaiki. Untuk itu, jangan lupa untuk rutin melakukan update MIUI. Untuk update MIUI, sobat tidak perlu repot melakukan pengecekan karena akan muncul pemberitahuannya secara rutin.

Itulah tadi beberapa penyebab HP cepat panas. Jika sobat sudah mencoba mengatasi masalah tersebut tetapi masih tetap panas, sebaiknya untuk memeriksakannya ke bengkel Xiaomi agar dapat segera diketahui permasalahannya. Well, sampai di sini saja artikel kali ini. Jangan lupa share jika info ini bermanfaat bagi orang lain.