Mari Cari Tahu Apa Itu Artificial Intelligence dan Cara Kerjanya

Halo sobat info semuanya. Selamat datang kembali di Blog Mister Songga. Pada artikel kali ini, mimin akan membahas tentang apa itu Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Oke, langsung saja simak informasi tentang artificial intelligence di bawah.


apa-itu-artificial-intelligence
(source: pixabay.com)

Apa Itu Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan?

apa-itu-artificial-intelligence



Machine learning atau kecerdasan buatan atau artificial intelligence atau AI adalah bagian dari ilmu komputer yang berfokus pada pembentukan mesin dengan kemampuan kecerdasan yang dapat berinteraksi dan bekerja seperti manusia.

Bagaimana Cara Kerja Artificial Intelligence ? 


Kita sebagai manusia, mempelajari sesuatu berdasarkan pengalaman kita. Seorang pemain catur, semakin dia sering bermain maka akan semakin jago permainannya. Nah, kurang lebih mesin AI juga melakukan hal seperti itu. 


apa-itu-artificial-intelligence
Permainan Go
(source: publicdomainpictures.net)


Contoh mesin AI yang pernah ada adalah Alpha GO. Alpha GO merupakan Artificial Intelligence yang diciptakan untuk permainan GO. Pada awalnya, Alpha GO akan diberikan database sebanyak 100.000 pertandingan GO untuk Ia pelajari.


Setelah AI tersebut berhasil mengetahui cara bermain GO, Ia kemudian akan melawan diri dia sendiri. Setiap kali dia kalah, maka AI tersebut akan melakukan update tentang cara dia bermain. Hal ini terus berulang hingga jutaan kali.


Hal tersebut tentu tidak berbeda dengan cara belajar manusia. Namun, apakah sobat tahu di mana letak perbedaannya? Yap! Komputer AI mampu melakukannya dengan sangat efisien. 



Manusia mungkin hanya dapat bermain 1 pertandingan pada satu waktu. Namun, komputer mampu membuat simulasi banyak pertandingan sekaligus.



Pada akhirnya, Alpha Go ditandingkan melawan juara dunia Go. Sobat tahu bagaimana hasilnya? Juara dunia GO tersebut dibuat tak berdaya di hadapannya.


Ekspresi Juara Dunia Go Lee Sedol asal Korea Setelah Dikalahkan Oleh Alpha Go


Lebih gilanya lagi, tidak berselang lama kemudian muncul komputer GO terbaru bernama Alpha GO Zero. 

Tidak seperti Alpha GO yang diberikan data 100.000 pertandingan sebagai referensi, Alpha Go Zero diprogram untuk dapat belajar sendiri untuk dapat memenangkan permainan.



Tiga hari. Hanya tiga hari saja yang dibutuhkan oleh Alpha GO Zero untuk menguasai permainan GO dan mengalahkan semua versi dari Alpha GO sebelumnya. 



Hebatnya lagi, dalam 40 hari saja komputer ini telah berhasil menemukan cara dan prinsip bermain go yang notabene jika dilakukan manusia membutuhkan ribuan tahun.

Artificial Intelligence di Sekitar Kita



pengertian-artificial-intelligence
(source: pixabay.com)


Tanpa kita sadari, keberadaan AI sudah ada di mana-mana. Contohnya saja yang dekat dengan kita adalah Google Assistance atau OK Google.


Pernahkah sobat berpikir dari mana google dapat tahu kita berbicara apa? Yap, semua hal tersebut tidak lain dilakukan oleh AI. Natural language processing akan membedah audio suara kita menjadi teks yang dapat dimengerti oleh komputer.


Proses sebaliknya terjadi ketika jawaban diberikan di mana teks akan dibedah menjadi audio untuk memberikan jawaban.


Contoh lainnya ada pada aplikasi market place seperti Bukalapak. Sobat pasti dapat melihat berbagai macam rekomendasi produk yang ditampilkan khusus untuk kita.


Pertanyaannya, dari mana mereka bisa tahu produk apa yang mungkin kita butuhkan?


Jawabannya adalah AI. AI akan melihat semua hal yang pernah kita lakukan di aplikasi tersebut seperti apa yang kita cari, apa yang pernah kita beli, apa yang kita klik, dan pada akhirnya AI dapat memberikan rekomendasi yang cocok untuk kita.

Hal Misterius dari Artificial Intelligence




Satu hal yang misterius dari AI adalah kita tidak akan pernah tahu secara pasti tentang cara kerja AI itu tepatnya seperti apa. 

Sebagai contoh, terdapat suatu program AI yang dibuat untuk permainan tetris. Pada awalnya, AI tersebut bermain dengan sangat buruk karena belum melakukan revolusi yang terlalu jauh.

Game Tetris



Menariknya, pada saat game akan berakhir, tiba-tiba game di pause dan si AI tidak melanjutkan permainan tersebut.


Dari hal tersebut dapat kita lihat bahwa AI memutuskan bahwa jika dia tidak dapat memenangkan permainan tersebut, setidaknya dia tidak kalah. Hal itu karena cepat atau lambat dia melanjutkan permainan tersebut, dia tetap akan kalah. 


Pada momen ini, satu-satunya yang dapat dilakukan oleh AI agar tidak mengalami kekalahan dalam game adalah dengan tidak melanjutkannya atau pause game.

Apakah Artificial Intelligence Berbahaya?



apa-itu-pengertian-artificial-intelligence
(source: pixabay.com)


Menurut beberapa orang, keberadaan Artificial Intelligence ini sangat berbahaya. Salah satu yang mengungkapkan hal tersebut adalah Elon Musk selaku CEO Tesla. 

Beliau mengatakan bahwa apabila ada suatu kecerdasan buatan super yang pengoptimalan dan fungsi gunanya merugikan manusia di kemudian hari, maka hal tersebut dapat memberikan dampak yang sangat buruk.

Perkembangan AI yang begitu pesat, cepat atau lambat akan mampu menggantikan kerja yang dilakukan manusia. 


Hal itu juga didukung oleh penelitian dari Brooking Institute yang mengatakan bahwa seperempat dari pekerjaan yang ada di Amerika Serikat berpeluang untuk diambil alih robot.

Berbagai pekerjaan seperti chef, pegawai konstruksi, pelayan toko, sopir, dan berbagai pekerjaan mulai dari kantor hingga pekerjaan kasar dapat dilakukan oleh robot.

Bahkan, pekerjaan yang berhubungan dengan seni seperti melukis dan menciptakan lagu juga dapat dilakukan oleh AI.

Melihat fakta tersebut tentu akan sangat sulit bagi manusia untuk bersaing dengan robot yang memiliki efisiensi dan kemampuan yang tidak terbendung lagi.

Apa Perkembangan Artificial Intelligence Telah Kelewatan?


Kita tidak dapat memilih kapan dan di mana perkembangan teknologi akan berhenti. Kita juga tidak dapat untuk memperlambatnya. Faktanya, kita malah harus semakin mempercepat proses perkembangan teknologi. 

Kita mungkin tidak tahu secara pasti bagaimana AI bekerja. Kita juga tidak bisa mengalahkan AI. Tetapi, kita bisa bekerja sama dengan Artificial Intelligence.

Mesin dapat menghitung, kita punya pemahaman.
Mesin memiliki instruksi, kita memiliki tujuan.
Mesin memiliki objektivitas, kita memiliki gairah.

Kita mampu membuat artificial Intelligence yang dapat mempelajari Go dan mengalahkan pemain terbaiknya dalam waktu yang singkat. 

Bayangkan saja, jika kita menerapkan hal tersebut untuk menemukan solusi dalam berbagai bidang seperti ekonomi, sosial, dan bidang lainnya.

Kita dapat menemukan solusi untuk penyakit yang kini belum ada obatnya seperti Alzheimer, Kanker, dan berbagai penyakit lainnya yang jika dilakukan manusia membutuhkan waktu ratusan bahkan ribuan tahun lamanya. 

Dengan bantuan AI, pasti hal tersebut dapat dilakukan dengan lebih cepat layaknya kita menjentikkan jari.

Kita tidak perlu takut dan khawatir tentang apa yang dapat AI lakukan saat ini. Sebaliknya, kita harusnya lebih khawatir dengan apa yang belum bisa mesin AI lakukan sekarang. 

Satu hal yang dapat kita sebagai manusia lakukan adalah bermimpi. Jadi sobat, marilah kita bermimpi yang besar untuk kehidupan masa depan yang lebih baik lagi. 

Itulah tadi info tentang apa itu artificial intelligence secara umum. Intinya, kita tidak perlu mencari tahu mana yang lebih hebat antara manusia dan artficial intelligence melainkan saling bekerja sama untuk kepentingan manusia. 

Nah, sampai di sini saja info kali ini, jangan lupa share jika sobat merasa artikel ini bermanfaat bagi banyak orang. Bye-bye.