Ketahui Algoritma Google Terbaru untuk Dapat Bersaing di Pencarian Google

Untuk semakin membuat nyaman para penggunanya, Algorimta Google terbaru selalu diluncurukan. Tidak terkecuali pada tahun 2020 ini. Munculnya Algoritma Google terbaru ini sangat penting kaitannya bagi para blogger ataupun orang yang bekerja memanfaatkan mesin pencarian. Perubahan alogritma tersebut berkaitan erat dengan sistem SEO saat ini.

algoritma-google-terupdate



Namun, tidak semua algoritma tersebut membuat teknik SEO akan berubah. Terdapat teknik optimisasi yang sama seperti pada keyword, mobile users, dan semacamnya. Nah, ditambah dengan pengetahuan tentang algoritma google terbaru diharapkan blog atau website kita tetap dapat memperoleh ranking baik di google search.


Nah, sampai tahun 2020 ini, google telah mengeluarkan algoritma terbaru. Untuk informasi selengkapnya, sobat dapat simak di bawah ini.


Algoritma Google Terbaru



1. Standar EAT (Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness)



Pertama ada algoritma standar EAT (Expertise, Authoritativeness, and Trustworthiness). Pada EAT, penilaian akan didasarkan pada skill yang dimiliki dari para penulis konten. Dasar dari penilaian ini ada pada kualitas dari isi konten serta kepercayaan pembaca terutama untuk konten kategori ilmiah. 


2. BERT (Bidirectional Encoder Representations for Transformers)



Algoritma BERT merupakan suatu algoritma yang berkaitan dengan olah kata pada sebuah kalimat yang dilihat berurutan (Bukan satu persatu). Diterapkannya BERT oleh Google tentu bertujuan untuk membuat setiap pengguna Google dapat merasa puas dengan keyword yang mereka ketikkan di kolom pencarian Google. 


3. Panda



Mendengar kata panda, tentu sudah tidak asing lagi bagi sobat blogger. Perlu diketahui, Panda mengalami berbagai penyesuaian sejak dikeluarkan pada Februari 2011 silam. Semua perubahan tersebut tentu tujuannya hanya satu yakni menempatkan situs dengan konten berkualitas rendah di posisi yang semestinya.


Panda dapat mengabaikan situs dengan konten spam, over optimize keyword, plagiarism, duplikat, dan konten lain yang berkualitas rendah. Situs dengan konten tersebut pada nantinya akan mengalami penurunan peringkat di hasil pencarian google.


4. Standar YMYL (Your Money Your Life)



Konten yang masuk dalam kategori YMYL akan diberikan penilaian yang sangat ketat dari Google. Pihaknya akan melakukan pengecekan website mulai dari perusahaan, admin web, tentang penulis website. Standar ini digunakan bagi website yang memiliki konten berkaitan dengan kehidupan dan keuangan seperti finansial, obat-obatan, investasi, dan lain sebagainya.


5. Pirate



Hadirnya Pirate merupakan jawaban bagi para konten kreator yang merasa khawatir dan jengah dengan konten bajakan yang mendapatkan ranking google lebih baik di SERP. Jika dilihat lagi, tentu hal tersebut bukanlah hal yang fair. Untuk itu, Google menghadirkan Pirate untuk memindahkan konten bajakan dari SERP untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran copy right.


6. Penguin 



Selanjutnya ada Algoritma Penguin. Penguin memiliki peran untuk menyaring website yang memiliki banyak link spam. Website tersebut nantinya akan dipindahkan posisinya dari hasil pencarian Google. Hadirnya Algoritma ini tentu dapat mematikan mereka yang menggunakan praktek backlink spam untuk mendongkrak performa blog atau website.


Website dengan link spam akan mendapatkan hukuman berupa penurunan peringkat. Meski telah hadir sejak tahun 2012, baru pada tahun 2016 lalu Penguin menjadi ketentuan utama yang resmi. Nah, bagi para blogger sebaiknya perhatikan Algoritma yang satu ini jika ingin dapat bersaing di mesin pencarian.


7. Hummingbird



Kehadiran Hummingbird dirasa mampu untuk membuat perubahan besar pada lingkup interpretasi mesin pencarian terutama pada permintaan user. Algoritma yang resmi diliris pada 2013 silam ini rupanya mampu memberikan hasil pencarian berdasarkan niat dan pemahaman setiap pengguna dengan baik.


Dengan adanya Hummingbird, para pencari mendapatkan hasil pencarian tidak hanya berdasarkan kata kunci yang diketikkan, tetapi juga dari pemahaman sinonim dan berdasarkan subjek.


8. Pigeon



Pigeon merupakan suatu ketentuan yang dapat mempengaruhi hasil pencarian berdasarkan lokasi dari para penggunanya. Tujuan utama dari hal tersebut tentu untuk memberikan hasil yang relevan terhadap si pencari. Sejak diluncurkannya Pigeon membuat jarak dan lokasi pengguna dan objek menjadi diperhitungkan untuk meningkatkan peringkat SERP.


9. Rank Brain



Algoritma Google terbaru berikutnya adalah Rank Brain. Tujuan dari adanya ketentuan ini adalah untuk menyediakan hasil pencarian terbaik untuk pengguna berdasarkan pembelajaran mesin dan tingkat relevansi. Dengan Rank Brain, Google dapat menguraikan kata pencarian dengan lebih baik sehingga hal yang ingin dicari pengguna dapat muncul dengan relevan sesuai permintaan keyword.


 10. Mobile Frendly



Seiring dengan banyaknya user yang menggunakan smartphone untuk melakukan pencarian tentu bukan hal mengherankan jika Google menerapkan pembaharuan Algoritma Mobile Friendly. Tujuannya tentu untuk membuat halaman dapat secara maksimal ditampilkan di perangkat seluler pengguna. Pada intinya, para user mobile dapat merasakan hasil pencarian di perangkat mobile nya dengan nyaman.


Pembaharuan tersebut secara umum tidak memberikan pengaruh pada hasil yang dimunculkan pencarian desktop. Perubahan tersebut lebih ditujukan untuk memberikan halaman relevan dan ramah kepada pengguna yang melakukan pencarian menggunakan perangkat selulernya. Intinya, perubahan ini lebih ke arah relevansi halaman dan bukan untuk situs secara menyeluruh yang berpengaruh pada pencarian.


Berbagai algoritma Google terbaru di atas sangat penting dan harus sobat perhatikan. Kita harus menyadari bahwa pihak Google selalu melakukan pembaharuan untuk semakin meningkatkan kepuasan pengguna. Nah, kita sebagai konten kreator blog ataupun pebisnis online harus mampu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang dilakukan.


Dengan begitu, kita dapat memperbaharui teknik SEO yang digunakan untuk mengikuti Algoritma Google terupdate. Well, sepertinya sampai di sini saja artikel kali ini. Semoga informasi yang tidak seberapa ini dapat membantu sobat terutama untuk hal blogging. Sampai jumpa di artikel Mister Songga selanjutnya.