Arti Dari Posisi dan Gerakan Ekor Kucing yang Wajib Dikatahui

Kucing merupakan binatang yang memiliki tingkah lucu dan menyenangkan. Hal tersebut tidak jarang dapat membuat kita sebagai pemilik dapat melepas rasa stress dan lelah setelah melakukan kegiatan sehari-hari. Namun, pernahkah sobat menyadari tentang apa arti dari gerakan ekor kucing itu?


arti-gerakan-ekor-kucing


Sebenarnya, gerakan tersebut bukanlah gerakan biasa sob. Berbeda dengan manusia yang dapat mengungkapkan perasaan dengan ucapan, kita dapat mengerti perasaan kucing melalui gerakan ekornya. Nah, apa saja bentuk gerakan ekor tersebut? Simak informasinya di bawah ini.

Arti Dari Gerakan Ekor Kucing



1. Ekor Mengembang dan Turun

Gerakan ini menunjukkan bahwa si mpus sedang merasa ketakutan atau dalam keadaan tegang. Hal ini biasanya terjadi ketika si mpus bertemu dengan hewan asing ataupun ketika dalam posisi tersudutkan karena suatu hal.


Jika kondisi ini sedang terjadi, sebaiknya kita berhati-hati dalam bertindak sob. Dalam keadaan ini, si mpus tidak dalam pikiran yang tenang sehingga apa saja yang dianggapnya sebagai ancaman akan diserang secara naluri termasuk kita.


Untuk menenangkannya, kita dapat mendekatinya dengan perlahan sembari menyentuh dengan lembut. Jika responsnya sudah tidak terlihat terganggu, kita dapat mulai mengelusnya secara perlahan mulai dari kepala sampai ekor.


Buatlah Dia merasa rileks dalam beberapa saat. Setelah itu barulah sobat membawanya masuk ke dalam rumah atau kandangnya. Untuk membuatnya tenang, kita dapat memberinya snack atau treat kesukaannya sembari mengelus secara perlahan dan lembut.

2. Ekor Naik ke Atas

Posisi ekor kucing yang naik ke atas menandakan bahwa dia sedang berada pada kondisi mood yang baik sob. Dalam keadaan ini, kita dapat mengajaknya bermain dengan mainan seperti bola, atau tikus-tikusan. Selain itu, kita dapat membawanya untuk menikmati udara luar dengan mengajaknya berjalan-jalan.


Selain itu, kondisi ekor naik biasanya juga menandakan bahwa si kucing senang ketika bertemu dengan kita. Tentu kondisi ini hanya terjadi apabila telah terbentuk ikatan yang kuat antara peliharaan dan si pemilik. 

3. Ekor Posisi Turun 

Posisi ekor turun biasanya menandakan si mpus sedang dalam keadaan tidak senang alias sedih. Biasanya, hal ini juga diikuti dengan gerakan kucing yang lemas dan tampak tidak berenergi. Hal ini dapat terjadi karena banyak hal salah satunya adalah kucing merasa kurang suka dengan makanan yang diberikan.

Untuk mengatasi itu, kita dapat memberikan variasi makanan yang berbeda setiap hari. Bisa juga kita selingi dengan memberikan snack dan cream kesukaan mereka agar moodnya kembali baik seperti biasanya.

4. Ekor Naik dengan Ujung Sedikit Meliuk

Jika posisi ekor seperti ini, menunjukkan bahwa Dia berada dalam kondisi yang baik dengan semangat yang penuh. Nah, melihat hal ini tentunya si mpus harus menyalurkan hasrat tersebut dengan cara bermain dan beraktivitas. Di kondisi ini, kita dapat mengajaknya bermain sampai dia pada akhirnya kelelahan sob. Wah, lucu sekali ya.

5. Ekor Lurus Meliuk Ke Belakang

Arti dari gerakan ekor kucing yang seperti ini adalah sedang dalam keadaan tertarik dengan hal baru yang ada di dekatnya. Hal tersebut bisa saja berupa mainan, hewan lain, jenis pakan baru, dan lain sebagainya.

Mereka biasanya akan melakukan pengamatan dengan cara mengendus dan mendekati benda dan hal baru tersebut untuk mencari tahu. Wah, gemes sekali ya sobat.


6. Ekor Mengembang Naik


Sama halnya dengan gerakan sebelumnya, posisi ekor mengembang naik biasanya menandakan bahwa Ia sedang menyukai sesuatu seperti hewan peliharaan lain, kucing lain, mainan, orang baru, dan hal lainnya. Bisa juga posisi ekor ini menandakan dia sangat senang dengan kehadiran pemiliknya sob.

7. Mengibaskan Ekor dengan Cepat

Jika kita melihat kucing kita sering mengibaskan ekornya dengan cepat, itu dapat menjadi satu pertanda bahwa dia sedang sangat nyaman dan bahagia ketika bertemu kita. Dengan kata lain, gerakan ini dapat diartikan sebagai wujud rasa sayang dan cinta mereka kepada pemiliki yang telah merawat dan menjaganya dengan baik. 


8. Posisi Ekor Masuk Ke Sela Kaki Belakang

Jika kita melihat kucing dalam keadaan ini biasanya dia sedang mengalami rasa takut yang berlebihan. Kondisi ini biasanya terjadi pada saat mereka akan dimandikan atau setelah mendapatkan intimidasi dari kucing Alpha.

9. Seluruh Bulu Tubuh Mengembang dan Ekor Naik

Arti dari gerakan ekor kucing seperti ini menunjukkan bahwa dia marah dan berada dalam mode pertarungan sob. Hal ini biasanya terjadi pada saat mereka terlibat pertengkaran karena masalah betina ataupun perebutan teritorial kekuasaan.


Jika hal ini terjadi, ada baiknya kita membawanya masuk ke dalam rumah atau ke kandang saja. Jika dibiarkan, takutnya Dia akan bertarung dan mengalami luka-luka.


Oh iya, dalam memindahkan kita juga harus hati-hati karena si kucing sedang dalam keadaan siap untuk bertarung. Bisa saja karena tidak begitu fokus kita dianggapnya sebagai sebuah ancaman.

Itulah tadi beberapa arti dari gerakan ekor kucing yang wajib diketahui. Dengan mengetahui hal ini, kita tentu dapat melakukan penanganan yang tepat terhadap kucing kesayangan kita apabila sedang dalam keadaan seperti yang telah disebutkan di atas.