5 Cara Mudah Komplain JNE Barang Rusak atau Hilang

Hari gini siapa sih yang tidak suka belanja di market place online? Selain mudah, pilihan kurir pengirimannya juga banyak sob. Salah satu yang sering digunakan adalah JNE. Meski pengiriman dari kurir ini hampir selalu tepat waktu, namun tidak jarang juga terlambat sob. Tapi tidak usah khawatir, cara komplain JNE cukup mudah kok untuk dilakukan.




Untuk mengajukan komplain keterlambatan atau semacamnya, kita dapat menggunakan beberapa cara. Apa saja caranya? Langsung saja simak informasinya di bawah ini.


Cara Komplain JNE



1. Melalui Media Sosial 



Cara pertama adalah komplain langsung ke akun media sosial milik JNE. Cara ini cocok buat sobat yang malas menggunakan cara-cara formal seperti ke kantor ataupun melalui email resmi. 


Sudah banyak orang menggunakan cara ini kok dan mereka tetap mendapatkan jawaban yang baik dari pihak admin. Oh iya, untuk media sosial, kita dapat menghubungi akun di bawah ini:


JNE Twitter
JNE Facebook
JNE Instagram


Prosedur komplain di media sosial resmi tidak terlalu ribet kok. Kita cukup kirimkan saja komplain kita melalui pesan. Jangan lupa cantumkan nomor resi, nomor HP yang bisa dihubungi, nama, dan juga jelaskan masalah pengiriman sobat. 


Ingat, tetap gunakan bahasa sopan ya sob, jangan terbawa emosi. InsyaAllah, tidak perlu waktu lama komplain kita akan langsung ditindaklanjuti. 


2. Melalui Email Customer Care 



Alternatif lain untuk melakukan komplain JNE adalah dengan mengirimkan komplain melalui email resmi JNE. Terdapat format email yang harus sobat gunakan untuk melakukan komplain melalui email sob. Berikut format yang dapat digunakan untuk menyampaikan komplain via Email.


Subject: Paket Bermasalah


Isi Email: Isikan penjelasan tentang masalah yang terjadi pada paket, apakah terlambat, rusak, atau masalah lainnya. 

Lampiran: Lampirkan nomor ponsel aktif + nama penerima + nama pengirim, lampirkan juga foto lain jika dapat membantu. 

Setelah dikirim, kita tinggal tunggu balasan dari pihak JNE dalam beberapa waktu ke depan.

3. Melalui Telepon 



Apabila sobat malas menunggu jawaban lewat email dan media sosial, sobat dapat mencoba komplain melalui nomor telepon resmi dari JNE. Telepon ini akan langsung menghubungkan kita dengan kantor pusat, jadi berbagai permasalahan terkait pengiriman paket kita dapat diketahui dan ditelusuri dengan jelas.


Caranya sangat mudah, langsung saja hubungi nomor kantor layanan JNE (021) 2927 8888. Selanjutnya, tinggal jelaskan permasalahan terkait pengiriman paket. Ingat, tetap gunakan bahasa sopan ya sob. 


4. Melalui Ask Joni



Cara komplain JNE lainnya adalah melalui fitur ask Joni. Apa itu Ask Joni? Ask Joni merupakan suatu halaman yang diberikan dari pihak JNE khusus untuk para pelanggan yang ingin menghubungi pihak JNE. Nah, halaman tersebut juga dapat kita gunakan untuk menyampaikan komplain terkait berbagai kendala pengiriman paket sob.


Cara menggunakan Ask Joni:


  • Pertama, buka langsung halaman khusus Ask Joni
  • Selanjutnya, isi data-data seperti nama, nomor HP, dan juga alamat
  • Pada bagian kolom subject, pilih “Customer Service”
  • Isikan komplain yang ingin sobat sampaikan.
  • Jangan lupa untuk mencantumkan nama pengirim, nama penerima, dan juga nomor resi agar pihak JNE dapat melakukan cross check paket kita. Balasan dari komplain tersebut akan disampaikan langsung melalui nomor HP yang sobat input tadi.



5. Datang Ke Kantor Langsung



Cara komplain JNE terakhir adalah datang langsung ke kantor cabang terdekat. Cara ini mungkin paling efektif untuk dilakukan ya sob karena kita dapat menjelaskan langsung masalah kita ke customer service. 


Dengan menjelaskan secara langsung tentu akan membuat pihak JNE dapat menindaklanjuti komplain kita untuk kemudian disampaikan ke kantor pusat JNE. Kita juga bisa langsung mendapatkan solusi dari pihak pengiriman salah satunya adalah mendapatkan refund.


Komplain JNE Barang Rusak atau Hilang



Apabila kita mengalami kasus barang kiriman hilang atau rusak, lebih baik langsung datang saja ke kantor cabang JNE terdekat sob. Dengan begitu, kita dapat langsung menjelaskan dan menyertakan bukti kerusakan. Biasanya kita akan langsung mendapatkan solusi dari pihak JNE salah satunya adalah mendapatkan ganti rugi atau refund.


Penyebab Paket Telat



Untuk masalah keterlambatan paket, biasanya disebabkan oleh berbagai macam hal. Beberapa faktor penyebab paket telat sampai adalah adanya overload pengiriman, pengiriman paket telat, dan berbagai faktor lainnya.

Baca juga: Cara Komplain Pengiriman J&T ExpressBarang Hilang


Itulah tadi beberapa cara komplain JNE yang dapat kita lakukan. Mimin berharap, info ini dapat berguna bagi sobat info semuanya yang gemar melakukan pembelian di market place online seperti Shopee, Bukalapak, ataupun Tokopedia.