Sampai Dua Digit Inilah Besaran Gaji Masinis Kereta Api Indonesia

Menjadi seorang masinis mungkin bukan menjadi cita-cita populer di kalangan anak-anak sekarang. Namun, mungkin orang tersebut dapat berubah pikiran ketika sudah mengetahui gaji masinis kereta api Indonesia sob. Mengapa? Karena di tahun 2018 lalu, gaji yang mereka peroleh dapat mencapai hingga dua digit. Mantap sekali bukan.


gaji-masinis-kereta-api-indonesia
(source: cnnindonesia.com)


Meski sangat menggiurkan, tentu gaji tersebut diberikan sesuai dengan tanggung jawab tugas yang besar. Seorang masinis bertanggung jawab atas keselamatan semua penumpang dan anak buahnya. Untuk itu, diperlukan pendidikan dan serangkaian seleksi yang ketat untuk menghasilkan seorang masinis.


Gaji Masinis Kereta Api Indonesia



Seperti yang mimin katakan sebelumnya, gaji seorang pengemudi kereta atau masinis dapat mencapai jumlah fantastis. Hal tersebut juga diungkap oleh Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro. Menurut beliau, seorang masinis dapat menerima gaji hingga 12 juta rupiah setiap bulannya sob. 


Beliau juga menambahkan jumlah gaji tersebut sangat bertolak belakang dengan yang diterima masinis di beberapa tahun ke belakang yang hanya menyentuh 3 juta rupiah saja per bulannya. 

Baca juga: Terungkap! Inilah Daftar Lengkap Gaji Karyawan SPBU Pertamina dan Swasta Terbaru 

Untuk detail penghasilannya, menurut mimin tidak terlalu berbeda dengan seorang pegawai negeri sipil. Terdapat juga berbagai macam tunjangan seperti tunjangan istri, anak, dan sebagainya sebesar 10 persen penghasilan pokok.


Mengingat risiko kerja yang cukup besar, pihak perusahaan juga memberikan tunjangan risiko khusus dengan jumlah cukup besar yakni 1 juta rupiah. Jumlah tersebut masih dapat lebih besar lagi dengan tambahan lain seperti tunjangan kinerja, transportasi, uang premi, tempat tinggal, dan lain-lain.


Apabila semua gaji dan tunjangan tersebut diakumulasikan tentu bukan hal yang mengherankan jika gaji masinis kereta api Indonesia mencapai dua digit ya sob.


Syarat Menjadi Seorang Masinis



Setelah membahas tentang gaji dan tunjangan dari pengemudi kereta api, kali ini mimin akan memberikan informasi kepada kalian yang ingin menjadi seorang masinis. Nah, berikut ini syarat-syarat yang harus kalian penuhi untuk dapat menjadi seorang masinis.


  1. Seorang WNI (Warga Negara Indonesia)
  2. Berusia 18 sampai dengan 25 tahun untuk tingkat pendidikan SMA
  3. Berusia 22 tahun sampai dengan 30 tahun untuk tingkat pendidikan Diploma
  4. Bersikap dan berkelakuan Baik
  5. Sehat jasmani dan rohani menurut hasil medis
  6. Tidak menggunakan tindik
  7. Sanggup menerima tugas di seluruh wilayah Indonesia
  8. Tidak menggunakan Narkoba
  9. Bukan suami dari salah satu pegawai PT KAI



Tahapan Seleksi



Setelah kalian memenuhi syarat-syarat yang mimin berikan sebelumnya, selanjutnya kalian tinggal mengikuti tahapan seleksi. Apa saja tahapan seleksi tersebut? Langsung saja sobat simak informasinya berikut ini.


1. Administrasi



Tahapan yang pertama adalah administrasi. Pada fase ini, kalian harus upload syarat seperti KTP, transkrip nilai, dan juga ijazah secara online. Apabila syarat dokumen tersebut sesuai dengan kriteria dan dinyatakan lulus, selanjutnya kalian masuk ke tahap kedua yakni seleksi kesehatan.


2. Pemeriksaan Kesehatan Awal



Pada pemeriksaan kesehatan awal, para calon masinis akan menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan seperti tekanan darah, telinga, gigi, berat, dan juga tinggi. 


Pemeriksaan tersebut akan dilakukan di Unit Kesehatan milik PT KAI. Apabila kalian lolos di fase ini, maka kalian berhak untuk menuju tahap berikutnya yakni Tes Psikologi.


3. Psikotes



Psikotes atau tes psikologi merupakan tes untuk mengetahui tentang kesehatan peserta dalam hal psikologi. Tipe soal yang diberikan di tahap ini pada umumnya hampir sama dengan tes pada instansi lainnya yakni EPPS, analog verbal, Logika artimatika, dan tes koran. 

Baca juga: Mengejutkan! Ternyata Segini Gaji Pilot Maskapai Indonesia

4. Tes Wawancara



Tahap selanjutnya adalah tes wawancara. Pada fase ini para peserta akan menjalani wawancara. Selain itu, berkas dokumen seperti transkrip asli, ijazah, KTP, dan Curriculum Vitae. Apabila dalam tes wawancara tersebut kalian berhasil lolos, maka akan lanjut di tahapan seleksi kesehatan terakhir. 


5. Tes Kesehatan Terakhir



Setelah melewati rangkaian seleksi yang ketat sebelumnya, tiba pada akhirnya kalian akan sampai pada tes kesehatan yang terakhir. Pada fase tersebut, kalian akan mendapatkan pengecekan kesehatan lebih mendalam seperti pemeriksaan mata, Elektro Kardiografi, tes urine, cek darah, dan tes kesehatan lainnya.

Baca juga: Inilah Besaran Gaji Pramugari Kereta Api di Indonesia


Biasanya, sebelum melakukan rangkaian medical checkup tersebut, para peserta diwajibkan untuk menjalankan puasa. Tujuannya adalah agar hasil checkup dapat akurat sob. Setelah tahap ini selesai, para peserta tinggal berdoa dan menunggu pengumuman kelulusan.

Memang panjang dan melelahkan untuk dapat menjadi seorang masinis sob. Namun, hal tersebut tentu setimpal dengan besaran gaji masinis kereta api Indonesia yang akan diberikan nanti saat sudah bertugas.

Soal gaji sudah. Tahapan seleksi sudah. Selanjutnya tinggal cara daftarnya sob. Untuk cara pendaftarannya, kalian langsung saja simak informasi selanjutnya.

Baca juga: Inilah Besaran Tunjangan dan Gaji Pegawai PT KAI Setiap Bulan


Cara Mendaftar Kerja PT KAI Online



Pada mulanya, orang yang ingin mendaftar kerja di PT KAI harus datang langsung ke lokasi pendaftaran yang ditentukan. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang pendaftaran dapat dilakukan secara online. 


Para pelamar cukup membuka website official dari PT KAI. Selanjutnya, kalian dapat mengikuti langkah-langkah seperti berikut ini.


  1. Pilih “Registrasi”
  2. Kemudian, kalian diharuskan mengisi formulir registrasi
  3. Jika sudah, buka email untuk melakukan verifikasi
  4. Setelah verifikasi berhasil, kalian dapat log ini di website PT KAI.



Sebelum melakukan proses registrasi online, terdapat beberapa hal yang harus kalian siapkan terlebih dahulu. Hal tersebut antara lain adalah foto dan juga dokumen pendukung yang diperlukan. Ingat, pastikan file size foto kalian tidak melebihi 2 MB. 


Baca juga: Inilah Besaran Gaji Sipir Lapas dan Penjaga Tahanan PNS Kemenkumham


Jika semuanya sudah siap, kalian dapat langsung memilih lowongan dan segera melakukan apply lamaran pekerjaan. Oh iya, mengingat pekerjaan seorang masinis memiliki risiko yang besar, ada baiknya kalian sudah memiliki asuransi sob. Hal tersebut bertujuan untuk mengantisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika sedang bertugas.


Itulah tadi informasi dari mimin terkait dengan gaji masinis Kereta Api Indonesia dan tahapan-tahapan seleksinya. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi sobat info yang ingin menjalani karir sebagai seorang masinis. Well, sampai di sini saja artikel kali ini. Sampai berjumpa kembali di artikel-artikel Mister Songga selanjutnya.