Penting! Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Koneksi Indihome Lemot

Indihome merupakan salah satu penyedia jasa internet rumah yang populer di Indonesia. Layanan dengan internet cepat menjadi salah daya tarik dari penyedia jasa tersebut. Meski begitu, tidak ada yang sempurna sob. Kadang kala, koneksi indihome lemot masih sering dialami oleh beberapa penggunannya.


cara-mengatasi-indihome-lemot



Namun, semua itu tentu ada penyabnya. Entah, adanya perbaikan, kesalahan, atau apapun itu. Sebagai pengguna tentu kita akan merasa kesal jika kecepatan internet lemot. Akses media sosial, main game, dan streaming video dapat terganggu. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, sobat dapat coba beberapa cara mengatasi Indihome lemot berikut ini.


Apa Penyebab Koneksi Indihome Lemot Min?


Seperti mimin bilang tadi, koneksi indihome lemot tentu ada penyebabnya. Termasuk juga dalam kasus Indihome. Pasti terdapat faktor dan hal lain yang menyebabkan koneksi internet menjadi lambat. Nah, apa sajakah penyebabnya? Simak informasinya berikut ini.


1. Sedang Terjadi Pemeliharaan Kabel 



Penyebab koneksi indihome lemot yang pertama biasanya karena adanya proses pemeliharaan dan perbaikan kabel sob. Adanya perbaikan tersebut tentu dapat mempengaruhi baik kecepatan maupun kualitas dari koneksi internet.


Tetapi tenang saja, hal tersebut biasanya tidak memakan waktu lama kok. Setelah perbaikan dan pemeliharaan selesai, kecepatan dan kualitas internet akan kembali seperti biasa atau bahkan bisa lebih cepat dari sebelumnya.


Bagaimana bisa kecepatan malah meningkat? Tentu bisa dong. Pemeliharaan kabel bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari jaringan internet tersebut sob. Dengan begitu, internet akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.


2. Modem atau Kabel Optik Rusak



Penyebab umum yang cukup sering terjadi adalah kerusakan pada modem ataupun kabel optik. Kedua hal tersebut merupakan unsur penting pada kelancaran jaringan internet yang kita dapatkan sob.


Bagaimana kita bisa tahu modem dalam gangguan? 


Pada modem Indihome telah diberikan lampu indikator yang dapat memberikan tanda akan adanya gangguan yang terjadi sob. Setiap lampu indikator tersebut memiliki arti tersendiri. Berikut selengkapnya.


  • Lampu Indikator Power: Berfungsi memberikan informasi tentang ada tidaknya arus listrik 
  • Lampu Indikator PON: Berfungsi memberitahukan hubungan jaringan pada server dengan modem yang digunakan
  • Lampu Indikator LOS: Berfungsi menunjukkan ada tidaknya koneksi antara server dengan modem
  • Lampu Indikator Internet: Berfungsi memperlihatkan ada tidaknya transmisi data dari server ke modem
  • Lampu Indikator LAN: Berfungsi memperlihatkan aktivitas transmisi data kabel LAN dengan jaringan lokal
  • Lampu Indikator Wifi: Berfungsi memperlihatkan Transmisi data pada Wifi
  • Lampu Indikator POTS: Berfungsi memperlihatkan jalur sambungan telpon rumah bagian dari Indihome.



3. Terdapat Tunggakan Pembayaran Bulanan



Hal yang tidak kalah sering menjadi penyebab koneksi indihome lemot lemot adalah terjadinya tunggakan biaya internet. Memang, manusia tempatnya lupa. Bisa saja kita asyik bekerja dan beraktivitas sampai-sampai lupa bahwa tagihan indihome belum dibayar.


Nah, untuk itu, usahakan untuk mengecek tagihan setiap bulannya sob. Mengapa harus begitu? Karena pihak Indihome memiliki tenggat waktu pembayaran jadi kalo bisa kita harus membayar sebelum waktu tersebut habis.


Jika sampai telat membayar konsekuensi yang harus kita terima adalah pemutusan dan pemberhentian layanan. Alhasil kita tidak dapat mengakses internet sama sekali.


4. FUP Telah Terpenuhi 



Penyebab terakhir koneksi indihome lemot adalah batas FUP atau Fair Usage Policy telah terpenuhi. Pada saat kita berlangganan paket unlimited terdapat ambang batas atau biasa disebut FUP.


Setiap kita telah mencapai batas tersebut, otomatis kecepatan internet kita akan diturunkan. Meski masih bisa menggunakan layanan internet, tentu kecepatannya tidak sekencang sebelumnya sob. Jadi, perhatikan baik-baik batas penggunaan internet kalian sob supaya tidak melebihi FUP. 


Bagaimana Cara Mengatasi Koneksi Indihome Lemot min?



Koneksi Indihome lemot bukan akhir dari dunia ini sob. Kita sebagai pelanggan masih dapat melakukan beberapa hal untuk mengatasinya. 



Tidak perlu berpikir sampai memperbaiki router dan sebagainya sob, kita cukup lakukan beberapa hal sederhana saja. Apa saja itu? Berikut informasinya untuk sobat semuanya. 


1. Menghubungi Teknisi dari Indihome



Cara mengatasi koneksi indihome lemot yang pertama adalah dengan menghubungi pihak teknisi dari Indihome. 


Cara ini dapat kalian lakukan jika sobat yakin kesalahan dan gangguan terjadi pada modem baik itu bagian kabel optik-nya maupun kondisi modem yang sudah tidak baik.


Kalian dapat langsung menghubungi nomor layanan service untuk memanggil teknisi untuk datang dan memperbaiki kerusakan tersebut. Jika benar kerusakan pada modem atau kabel optik, tentu para teknisi tersebut dapat mengatasi dengan segera.


Namun, kita sebagai pelanggan harus bersabar sob. Para petugas dan teknisi Indihome tidak akan langsung datang begitu kita selesai melakukan pengaduan. Jadi, lakukan kegiatan lain dulu sembari menunggu petugas atau teknisi sampai ke rumah.


2. Lakukan Restart Modem



Cara mengatasi koneksi Indihome lemot yang kedua adalah dengan melakukan restart modemnya. Untuk merestart-nya, kalian dapat menggunakan bantuan laptop. Berikut ini caranya. 


  • Buka laptop
  • Akses akun admin
  • Pilih “System Tools”
  • Pilih “Reboot”
  • Pilih “Restart” / tekan dan tahan tombol power selama 3 menit



Setelah melakukan langkah di atas, kalian dapat langsung menghubungkan lagi modem dengan perangkat laptop. Periksa kelancaran koneksi internet. Jika, berhasil, maka kecepatan akan kembali normal seperti biasanya.


Bagaimana sob? Mudah sekali bukan caranya? Meski sederhana, tetapi cara ini cukup ampuh dan kerap kali dapat menjadi solusi ketika koneksi Indihome lambat.



3. Melaporkan ke Pihak Indihome



Cara mengatasi koneksi indihome lemot yang ketiga ini hampir mirip sebenarnya dengan cara pertama. Kita dapat langsung menyampaikan masalah dan keluhan kita langsung ke pihak Indihome.


Bedanya, di cara pertama tadi dapat dilakukan ketika kita yakin bahwa masalah mungkin terjadi pada modem ataupun kabel optik. Sedangkan cara ini, dapat kalian lakukan jika kalian belum yakin tentang masalah yang terjadi.


Untuk memberikan laporan, kalian dapat menggunakan beberapa cara berikut ini.


Hubungi 147



Cara pertama, kalian dapat menghubungi nomor 147. Nomor tersebut merupakan layanan pusat milik Indihome sob. Kalian dapat menelpon melalui smartphone dan telpon rumah. 


Agar dapat terhubung, kalian wajib untuk menambahkan kode area di depan nomor tersebut. Ingat, laporan via telepon ini tidak gratis. Kita akan dibebani dengan biaya sebesar 1000 rupiah per 30 detik.


Jadi, sebelum telepon pastikan dulu apa saja yang ingin disampaikan. Usahakan langsung bicara pada pokok masalah dan dengan intonasi jelas. 


DM di Twitter



Bagi kalian yang tidak ingin pundi-pundi pulsa kalian berkurang, cara paling tepat adalah dengan melaporkan langsung via media sosial twitter resmi Indihome. 


Kalian dapat langsung sampaikan keluhan dan masalah terkait dengan koneksi lambat tersebut via direct message atau mention langsung saja akun twitter Indihome di @indihome.


Pastikan bahasa yang disampaikan tetap sopan dan baik. Berikan info selengkap-lengkapnya apabila pihak admin membutuhkannya. Mudah bukan?


Via Facebook Resmi Indihome



Selain media sosial Twitter, kalian juga dapat menyampaikan berbagai keluhan terkait pelayanan indihome via akun Facebook mereka. 


Cari saja akun indihome di kolom pencarian. Usahakan cari akun indihome berdasarkan kota kalian sob. Misal kalian dari Malang, cari saja Indihome Malang dan sebagainya.


Untuk teknis pelaporan, kalian dapat langsung mengirim pesan ke akun tersebut ataupun menuliskan di dinding akun tersebut. 


Lewat Aplikasi Resmi Indihome



Terakhir, sobat dapat memberikan laporan masalah dan keluhan Indihome via aplikasi resminya. Cara ini tergolong hemat pulsa dan juga kuota kalian sob. Berikut cara dan langkah-langkahnya.


  • Pertama, sobat download dan install aplikasi Indihome di Google Playstore
  • Kemudian, lakukan registrasi dan login dengan email atau nomor HP yang telah didaftarkan sebelumnya.
  • Setelah masuk, kalian pilih menu “Bantuan” (Bagian pokok kanan bawah)
  • Pilih “Indira” untuk menyampaikan keluhan kalian seputar koneksi indihome lemot. 
  • Pilih “Laporkan gangguan”
  • Kemudian, kalian dapat chat untuk melaporkan keluhan dan masalah. Untuk memulai, sobat chat saja “Hai” atau “hello”.
  • Laporkan keluhan dengan jelas.
  • Selesai.



4. Lunasi Tagihan Pembayaran (Jika Telat)



Cara mengatasi Indihome lemot berikutnya adalah dengan melakukan pelunasan pembayaran tagihan. Salah satu alasan koneksi indihome lambat adalah terjadinya tunggakan pembayaran yang belum diselesaikan.


Jika memang kalian telat bayar, segera lunasi tagihan tersebut. Selanjutnya, tunggu saja selama 1x24 jama sampai koneksi internet kalian dapat digunakan seperti biasa.


Dalam pembayaran tunggakan, biasanya para pengguna akan dikenai dengan denda sebesar 5%. Misalkan kita perbulan bayar 100.000 rupiah maka kita harus membayarkan sejumlah 105.000 rupiah sob untuk dendanya. 


5. Hapus Cache pada Mesin Pencarian



Menghapus cache di browser dapat menjadi salah satu cara mengatasi koneksi indihome lemot yang lainnya. Mengapa begitu? Bukannya cache berukuran kecil?


Memang, cache di browser ukuran file-nya tidak begitu besar. Namun, jika hal tersebut dibiarkan dalam waktu lama maka jumlahnya akan semakin besar. Terkadang hal tersebut bisa membuat koneksi internet kita menjadi lambat sob.


Cara ini memang tidak berhubungan langsung dengan perangkat modem atau hal berkaitan dengan Indihome sob. Namun, secara logika hal tersebut sangat mungkin. Jadi, tidak ada salahnya bukan untuk mencoba cara ini? Siapa tahu saja masalah memang ada pada browser kita.


6. Lakukan Pembatasan Pengguna



Cara lain yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi koneksi indihome lemot adalah dengan melakukan pembatasan pengguna atau user. Terlalu banyaknya user atau perangkat yang terhubung dengan koneksi internet sedikit banyak dapat menyebabkan internet menjadi lambat.


Bayangkan saja jika semua user tersebut melakukan streaming video atau film. Pasti yang terjadi bandwidth akan semakin kecil. Hal tersebut tentu membuat internet menjadi lambat.


Jika internet Indihome kalian seringkali digunakan oleh banyak user, sebaiknya mulai saat ini dilakukan pembatasan. Usahakan maksimal paling tidak hanya 3 perangkat saja yang terhubung.


7. Lakukan Upgrade Kecepatan



Cara mengatasi indihome lemot yang terakhir adalah dengan melakukan upgrade kecepatan. Perasaan koneksi lambat yang kalian alami saat ini mungkin memang karena paket layanan yang kalian pilih kecepatannya masih kurang dalam menunjang aktivitas kalian.


Misalkan saja kalian merupakan orang yang hobi download dan upload video tentu membutuhkan kecepatan internet yang baik. Bayangkan saja jika kita download dan upload dalam kecepatan 100 kbps, tentu akan lama sekali prosesnya.


Nah, untuk itu, dengan upgrade kecepatan indihome ke tingkat yang lebih tinggi tentu dapat membuat koneksi menjadi cepat. Dengan begitu, kegiatan kalian seperti download ataupun upload dapat dilakukan dalam waktu singkat. 


Itulah tadi beberapa cara mengatasi koneksi Indihome lemot yang bisa kalian coba. Dengan memperhatikan hal-hal yang telah disampaikan di atas tentu akan membuat sobat menjadi lebih aware dan tahu tentang langkah dan cara apa yang harus dilakukan saat indihome menjadi lambat.