Lebih Unggul Mana? Redmi Note 9 atau Redmi Note 9 Pro? Berikut Ulasannya

Xiaomi tidak pernah berhenti untuk mengeluarkan produk smartphone canggih mereka. Terbaru, perusahaan smartphone asal Tiongkok tersebut mengeluarkan produk Redmi note 9 dan Redmi Note 9 Pro. Produk tersebut tentunya membawa berbagai macam fitur canggih yang telah dikembangkan dari generasi Redmi Note sebelumnya.

perbandingan-redmi-note-9-dan-redmi-note-9-pro



Pertanyaannya, apa bedanya Note 9 dan Note 9 Pro? Varian mana yang lebih unggul? Tenang, jika sobat info penasaran dengan ulasannya, langsung saja simak informasinya di bawah ini. Berikut ulasan tentang perbedaan Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro. Cekidot!


Spesifikasi Redmi Note 9 vs Redmi Note 9 Pro

spesifikasi-redmi-note-9-pro


Perbandingan Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro


1. Size Layar


Hal pertama yang membedakan kedua varian ini ada pada ukuran atau size layarnya. Untuk versi reguler yakni Redmi Note 9, layar yang digunakan berukuran 6,53 inch. Sementara itu untuk versi Redmi Note 9 Pro ukuran layarnya sedikit lebih besar yakni 6,67 inch. Kedua layar tersebut telah dipasangi dengan panel IPS LCD.


Perbedaan lain juga ada pada segi resolusi dan rasionya. Untuk Redmi Note 9, layar yang digunakan memiliki resolusi 1080x2340 pixel dengan ukuran rasionya 19,5 berbanding 9. Sementara untuk versi Pro memiliki resolusi sebesar 1080x2400 pixel dengan rasio 20 berbanding 9. Dalam hal keamanan, kedua varian tersebut sama-sama menggunakan Corning Gorilla Glass 5. 


2. Chipset



Para konsumen smartphone pastinya selalu mendambakan teknologi yang cepat dan anti lemot. Hal itulah yang berusaha diwujudkan oleh Xiaomi dengan membekali Redmi Note 9 dengan chipset Helio G85.  Sementara untuk versi Redmi Note 9 Pro digunakan chipset Snapdragon 720G. Lalu, manakah yang lebih unggul? Chipset Helio G85 atau Snapdragon 720G?


Jika dilihat dari hasil penelusuran, chipset Snapdragon mendapatkan skor sebesar 270496. Sementara itu, chipset Helio G85 memperoleh skor sebesar 203022. Berdasarkan hal tersebut terlihat bahwa varian Redmi Note 9 Pro sedikit lebih unggul pada segi performa. 


3. Besar RAM dan Internal Memory


RAM menjadi salah satu elemen penting dalam mendukung performa smartphone. Untuk itu, pada produk terbarunya ini Xiaomi memberikan bekal kapasitas RAM yang besar. Untuk versi Redmi Note 9, terdapat dua varian besar RAM yakni versi 3GB dan juga 4GB. Sementara untuk versi Pro, Xiaomi membekali dengan RAM sebesar 6GB.


Dalam hal internal memory, kedua varian ini sama-sama dibekali dengan varian internal sebesar 64 GB dan 128 GB. Untuk memudahkan dalam menambahkan Micro SD, kedua produk ini telah menggunakan triple slot jadi sobat tidak perlu repot-repot mencabut kartu sim 2 untuk mengaktifkan slot memory.


4. Kualitas Kamera


Kualitas kamera kini menjadi salah satu faktor yang membuat para konsumen tertarik. Banyak sekali konsumen smartphone yang mencari smartphone dengan kualitas yang mumpuni. Berdasarkan hal tersebut, pada produk terbaru Xiaomi ini telah dihadirkan konfigurasi empat kamera. Jadi, kualitas gambar yang didapat tidak perlu diragukan lagi.


Pada varian Redmi Note 9 telah disematkan kamera dengan resolusi 48 MP (wide), 2 MP (Macro), 8 MP (Ultra wide). Spesifikasi tersebut rasanya sudah dapat menghasilkan jepretan berkualitas baik untuk foto close up, potret, panorama, dan lain sebagainya. Perekaman videonya juga tidak kalah bagus sob. Resolusi 1080p@30 fps siap digunakan untuk menghasilkan video dengan kualitas ciamik.


Lanjut ke kualitas Redmi Note 9 Pro. Di varian Pro, spesifikasi kamera tidak terlalu jauh berbeda. Hanya saja, di versi Pro telah digunakan lensa makro yang berukuran lebih besar yakni 5MP dan lensa utama sebesar 64 MP. Perbedaan lain terdapat pada kualitas rekamnya sob. Pada Redmi Note 9 Pro kalian dapat rekam video kualitas HD 4K@30fps.


Beralih ke lensa kamera depan atau kamera selfie sob. Pada versi Redmi Note 9 telah dibekali kamera dengan lensa sebesar 13 MP. Sedangkan pada produk Pro-nya dibekali kamera depan dengan lensa 16 MP. Dengan spesifikasi tersebut rasanya foto selfie yang dihasilkan sudah cukup bagus.


5. Catu Daya Baterai



Daya atau kapasitas baterai juga menjadi perhatian penting dalam suatu produk smartphone. Hal tersebut juga diterapkan pada produk Redmi Note 9 baik reguler ataupun Pro. Kedua varian tersebut memiliki kapasitas catu daya sebesar 5020 mAh. Kapasitas tersebut tentu sangat besar sehingga smartphone dapat digunakan dalam waktu cukup lama.


Kemampuan baterai tersebut juga didukung dengan digunakannya teknologi fast charging pada kedua varian tersebut. Untuk Redmi note 9 kita dapat melakukan charge dengan fast charging 18 W. Sementara itu untuk versi Redmi Note 9 Pro telah menggunakan fast charging 30 W. Khusus untuk varian reguler, terdapat fitur tambahan berupa reverse charging 9 W. 


6. Security 


Pada tahun 2020, bukan hal yang asing apabila sobat menemukan teknologi finger print di berbagai macam merek smartphone. Mulai dari produk smartphone low end sampai dengan high end hampir semuanya memiliki fitur tersebut. Hal tersebut tentu tidak lain karena finger print dinilai oleh banyak orang sangat berguna dalam hal keamanan ponsel mereka. 


Nah, pada Redmi Note 9 Pro, fitur finger print juga tidak ketinggalan untuk disematkan. Hanya saja, terdapat perbedaan dalam hal posisi. Pada produk terbarunya ini, Xiaomi menempatkan finger print pada bagian samping bodi dan menyatu dengan power button. Sementara untuk versi reguler, penempatan finger print tetap berada di belakang bodi tepat di bawah kamera utama.


Untuk sensitivitas, kedua fingerprint tersebut sangat aman dan juga cepat. Namun, pada versi note 9 pro mungkin kurang nyaman dengan penempatan finger print di samping bodi. Hal tersebut karena banyak orang sudah terbiasa menggunakan finger print yang terletak di belakang bodi. Selain itu, posisi di bodi belakang dinilai lebih mudah dan nyaman untuk diraih jari penggunanya. 


Kesimpulan



Bagi sobat yang masih bingung menentukan pilihan antara Redmi Note 9 atau Redmi Note 9 Pro, rasanya dengan informasi di atas sudah cukup memberikan gambaran. Secara keseluruhan, kedua varian tersebut memiliki kemampuan yang hampir sama serta memiliki catu daya yang luar biasa. Kualitas kamera juga ciamik dan mumpuni. Namun, tidak bisa dipungkiri versi Pro memiliki kualitas lensa dan fast charging yang lebih baik dibandingkan versi regulernya.


Well, itulah tadi beberapa ulasan tentang perbedaan Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro. Bagaimana? Sobat mau beli versi pro atau versi reguler? Kembali lagi semua itu disesuaikan dengan kebutuhan dan tentunya juga budget yang sobat miliki. Sampai di sini saja artikel kali ini, semoga informasi tersebut dapat membantu sobat info semuanya. Bye-bye!