Perkenalkan Ini Dia Google Search Central Pengganti Google Search Console

Pada beberapa waktu ini, ada hal berbeda dengan Google Webmaster Tools atau yang akrab kita sebut dengan Google Search Console. Tepatnya mulai tanggal 14 Oktober 2020 yang lalu, pihak GSC menonaktifkan sementara fitur inspect URL-nya. Terang saja, hal itu membuat beberapa blogger panik dan kebingungan ketika akan men-submit artikelnya.


google-search-central



Tapi eh tapi, sobat tidak perlu khawatir terkait dengan hal tersebut. Perubahan yang terjadi di Google Search Console tersebut disebabkan karena akan ada update pembaharuan terbaru. Hal itu dapat dilihat dari pengumuman resmi di media sosial resmi Twitter @googlesearchc. Mereka mengatakan bahwa layanan GSC akan berubah menjadi Google Search Central.


Diyakini oleh banyak pihak, GSC yang baru ini akan membawa berbagai macam fitur baru yang pastinya lebih bagus dan ciamik dibandingkan dengan versi lamanya. 


Alasan Munculnya Google Search Central


Berdasarkan laman resmi dari Google, Merriam-Webster mengatakan bahwa kata “Webmaster” telah digunakan sejak tahun 1993, bahkan itu sebelum Google muncul. Melihat fakta tersebut, penggunaan kata atau istilah webmaster terdengar kuno. Selain itu, berdasarkan data dalam beberapa buku mengatakan bahwa pengguna Webmaster semakin menurun.


Merriam-Webster menambahkan bahwa saat ini hanya sedikit profesional yang menyatakan diri sebagai Webmaster. Para profesional tersebut lebih menyebut dirinya sebagai pengoptimal mesin telusur (SEO), penulis blog atau situs, developer web, online marketing, dan semacamnya. Sangat jarang yang menyebut diri mereka “Webmaster”.


Berdasarkan hal tersebutlah, rasanya sudah waktunya bagi Google Webmaster/ Search Console melakukan upgrade. Dan jawabannya, munculah Google Search Central ini sobat.


Keunggulan Google Search Central dibanding Google Search Console


Terdapat beberapa update terkait layanan yang ada di GSC yang baru ini. Berikut ini informasinya untuk sobat info.


  1. Beralih antar-bahasa menjadi semakin mudah karena tidak perlu lagi mencari URL blog yang hendak dijadikan lokal.
  2. Penemuan konten terkait akan lebih banyak (Blog dilokalkan, info acara, dan bantuan dokumentasi dalam satu situs)
  3. Pada Search Central dapat melokalkan konten blog lebih mudah, pemeliharaan konten lebih baik, dan melakukan format postingan dengan konsisten
  4. Post yang baru dan yang diarsipkan akan ditampilkan di https://developers.google.com/search/blog
  5. Untuk mendapatkan informasi terbaru sobat tidak perlu melakukan apapun. Pihak GSC akan mengalihkan pelanggan email saat ini beserta kumpulan RSS langsung ke blog yang baru.
  6. Pembaharuan juga dilakukan pada aspek maskot Googlebot. Hal ini dilakukan agar terjadi penyegaran dalam hal maskot.


Tunggu Google Search Central sambil Terus Update Konten Artikel


Masalah yang terus ada di pikiran sobat saat ini mungkin tentang pengindeksan artikel baru. Untuk masalah itu, sobat tenang saja karena artikel kita akan diindex secara otomatis. Jadi, dalam beberapa waktu saja (Waktu berbeda-beda setiap blog) artikel akan terindex di Search Console. 


Jadi, tugas kita sekarang adalah tetap rajin update artikel sob. Jangan mengendurkan semangat kita karena Google sedang mengupgrade Google Search Console. Oke?


Nah, demikian tadi sedikit ulasan terkait adanya update layanan GSC yang baru. Kita sebagai publisher harus sabar dan menunggu semua ini kembali seperti semula lagi. Pastinya Google telah menyiapkan alat yang lebih baik lagi untuk para publishernya. 


Well, jangan lupa kunjungi artikel mistersongga.com yang lainnya. Semoga informasi dari mimin dapat bermanfaat bagi sobat info semuanya. See ya!